Dugaan Investasi Bodong Cerdas Laundry

  Laundry Bisnis Indonesia – Alih-alih klarifikasi ke media massa terkait dugaan investasi bodong Cerdas Laundry malah mendapat komentar bul...

 Laundry Bisnis Indonesia – Alih-alih klarifikasi ke media massa terkait dugaan investasi bodong Cerdas Laundry malah mendapat komentar bully-an dari investor yang merasa dirugikan. Dilansir dari Batam Today, redaksi membaca komentar bernada negatif dari investor Cerdas Laundry.Ssst tetangga depan rumah sempat berujar prospek franchise laundry ini.

Dugaan penipuan Cerdas Laundry

 

Pemilik Cerdas Laundry Didik Mulato mengklarifikasi berita terkait ratusan investor tertipu investasi bodong Cerdas Laundry. Begini katanya,”Sebenarnya terjadi karena para mitra ingin segera dapat penghasilan dari cerdas laundry. Namun yang namanya mencari pelanggan itu tidak bisa dipastikan kapan mencapai kapasitas maksimal, kami terus bergerak mencari ide supaya pelanggan segera penuh. Namun mereka selalu minta kepastian yang menurut saya tidak mungkin jumlah pelanggan dijamin dalam bisnis apapun. Akhirnya mereka mencari-cari kesalahan saya. Sebelum puasa saya sudah temui mereka di Jakarta dan sudah jelaskan semuanya. Namun mereka menyodorkan surat perjanjian yang sulit saya setujui karena ingin memojokkan saya sebagai pengelola”

Tetapi investor sudah terlanjur tidak percaya. “Sebenarnya, ketika bp Didik Mulato bertemu Investor Cerdas Laundry di hotel (tangerang), draft Surat Perjanjian sudah di buat bersama - sama (bp Didik M dan Investor), namun kemudian draft SP yg dikirim beliau kepada Investor 180 derajat berbeda, tidak sama dengan yg disusun bersama, disinilah masalah terjadi dan terkesan, bp DM mengulur - ulur waktu untuk membuat SP ini, sehingga membuat resah para investor. Jika ada itikad baik dari bp DM, agar tidak menimbulkan keresahan, beliau bisa adakan pertemuan via Zoom misalnya (yg selama ini biasa beliau lakukan), atau duduk satu meja untuk mencapai kesepakatan bersama.

Akhirnya investor melayangkan somasi (teguran) agar SP cepat disepakati bersama, namun somasi inipun diabaikan oleh bp DM dengan tidak adanya tindakan nyata oleh beliau. Seandainya bp DM MAU berunding kembali dalam menyusun SP bersama, tentu masalah ini tidak menjadi ramai.  Demikian fakta sebenarnya yg kami sampaikan agar dapat dapat dipertimbangkan bp DM untuk keharmonisan antara bp DM dan Investor. Masalah dilapangan bukan hanya masalah pelanggan yg tidak kunjung mencapai target, masalah utama adalah banyak terjadi kerusakan mesin pengering, karena di konvesi dari listrik menjadi gas yg blm diuji coba, sehingga ada pakaian pelanggan bolong2, mesin rusak dan tidak segera di tangani, ini yg membuat keresahan para investor yg sudah mulai beroperasi (semuanya) belum ada yang mencapai profit (atau semua merugi), sesal akun QURAN Tikrar Hafalan

Menyoal pengalaman pemilik cerdas laundry Dididk Mulato yang berpengalaman di laundry selama 15 tahun dan customer yang datang pas beliau buka ada 500 customer di hari pertama beliau buka menjadi pertanyaan bapak Eko Budianto. Tindak-tanduk Didik Mulato pun sudah diamati pelaku usaha laundry lain dan telah mengecap bahwa Cerdas Laundry terkesan memaksakan kehendak, “Saya sudah 6thn usaha laundry, saya dan temen2 laundry jg banyak yg mengamati cerdas laundry dr awal smpai skrng, dan memang banyak yg tidak masuk akal dari bisnis cerdas laundry, terkesan memaksa “(Greenwash)

Terkait sikap Bapak Didik Mulato sebagai pemilik Cerdas Laundry yang merasa dipojokkan pun disikapi investor lain dengan akun Bisnis Online Modal Kecil. Padahal di setiap seminar Pak DM (selanjutnya Didik Mulato) bilang punya team ribuan sehingga diharapkan para investor tidak usah resah mencari pelanggan karena akan dibantu dari pusat. Pernyataan tersebut membuat tertarik para investor yang ditawarkan pak DM sehingga sampai tidak berpikir panjang bahkan satu outlet urunan modal bersama agar outlet tersebut cepat terealisasi.

Selanjutnya menambahkan bahwa tujuan dibuatkan SP (surat perjanjian) adalah untuk memperjelas hak dan kewajibananatar investor dan pengelola agar jangan sampai semua kerugian ditanggung hanya oleh investor padahal kelalaian tidak disebabkan oleh investor.

Akun tersebut meminta pengacara DM agar lebih bisa melihat permasalahan secara obyektif, jangan sampai klien Anda (maksudnya pak DM) menang perkara tapi ternyata banyak investor yang sudah dirugikan.

Akun ini juga mengajari pak DM yang katanya berpengalaman laundry selama 15 tahun untuk coba buka 1 atau 2 outlet saja dulu sampai autopilot, setelah system aautopilot (usaha bisa berjalan sendiri tanpa campur tangan owner) silanhkan buka lagi Cerdas Laundry di berbagai daerah.

Utk pak DM ada baik nya coba buka 1-2 outlet saja dulu sampai autopilot, setelah sistem autopilot silakan buka lagi CL di berbagai daerah. “Jangan sampai outlet di tempat A dibuka tapi menimbulkan berbagai macam masalah/kendala tanpa adanya evaluasi malah buka outlet di tempat lain sehingga masalah yg terjadi di outlet yg baru!”, serunya.

Akun tersebut pun menegaskan, ”Mohon utk pak DM terbuka dng masukan/kritik jangan merasa dizolimi karena uang investor sangat banyak di bapak (setor biaya French cais) dan investor sudah mengeluarkan biaya 500jt utk pembelian mesin, sewa ruko dll...Namun pada kenyataannya apa yg pak DM tawarkan pada seminar yg bapak buat dng kenyataan di lapangan sangat berbeda jauh..”

Tidak cukup sampai di sini. Komentar investor yang merasa dirugikan akibat dugaan penipuan Cerdas Laundry tumpah ruah di artikel postingan tersebut. Redaksi menuliskan kembali komentar agar menjadi perhatian dan selalu berhati-hati dalam investasi.

Para investor berkomentar di media social karena artikel tersebut menyediakan komentar berbasis media social yakni Facebook Comment Plugin. Kata Pak Juhdi, “Pak DM tolong pikirkan kami, sudah 5 bulan outlet kami belum ada kejelasan, padahal uang Untuk beli peralatan sudah lunas, tapi peralatan tidak Dikirim”.Selain ketidakjelasan terkait peralatan kapan dikirim, investor pun bingung karena sewa ruko tetap berjalan.

Tentu saja investor mau bergabung ke Cerdas Laundry karena founder (Bpk Didik Mulato) menjanjikan yang menarik. Investor sebenarnya menagih janji founder sesuai yang beliau utarakan di seminar maupun kanal Youtube. Di kanal youtube bahkan belaiau menjawab kritik dan opini yang menyatakan bahwa skema bisnis Cerdas Laundry tidak masuk akal. Ini artinya beliau sudah yakin betul formula bisnisnya sudah teruji ujar akun Muh Iqbal Habibi.

“Ketika muncul berita klarifikasi yg justru menyudutkan investor seperti ini, bagi saya malah aneh krn investor hanya minta bukti dr apa² yg beliau janjikan baik di seminar maupun di kanal youtube. Tunjukkan saja bukti 1 outlet dengan perhitungan di proposal investasi mampu melayani 250-500 pelanggan sesuai perhitungan Tunjukkan saja bukti outlet tidak akan lama dibanjiri pelanggan krn berdasarkan pengalaman 15thn di dunia laundry dengan opening 400 keluarga / 1600 pelanggan dan ribuan marketing se indonesia

Tunjukkan saja bukti bahwa seluruh peralatan dan bahan baku mulai tas, detergent, pewangi sesuai dgn standar profesional dengan kualitas terbaik dan harga termurah
Simple aja jika memang founder merasa sudah benar dan pengelolaannya profesional, undang saja para investor utk klarifikasi tatap muka, bukan sesuatu hal yg sulit kan?” seru akun tersebut kembali.

 

Kritik pedas datang dari akun Sam Antonov agar Bapak Didik Mulato selaku pemilik Cerdas laundry untuk bicara sesuai fakta jangan berbohong, penuhi janji dan buktikan dengan hasil nyata, bicara utuh jangan dipotong, jangan anggap bodoh investor, dan bicara secara jantan/gentle. Untuk versi lengkap agar tidak jadi fitnah redaksi kutip ini semuanya.

Masalah antara investor dan Didik Mulato ini sebenarnya bisa diselesaikan dengan sederhana dan tidak perlu repot. Syaratnya juga mudah. Sekedar saran saja untuk Didik Mulato:

1. Bicaralah sesuai fakta dan berhenti berbohong. Di seminar amantour bulan puasa yg lalu DM bilang outlet cerdas laundry citra raya stop langganan karena pelanggan membludak. Faktanya, langganan dihentikan karena mesin pengering banyak yg rusak sehingga cucian menumpuk. Makanya 4 pelanggan dibatalkan, jumlah pelanggan tetap 90. Ini salah satu contoh dan masih banyak fakta lain.

2. Penuhi janji dan buktikan dengan hasil nyata. Janji DM di RAB dan seminar, cari uang ratusan juta gampang. Keuntungan bulanan outlet 10 mesin itu Rp 70-an juta dan Rp 30-an juta untuk 5 mesin. Balik modal 6-7 bulan. Artinya saat launching pelanggan harus penuh. Ini tidak terbukti. Bahkan, yang sudah 6 bulan beroperasi terus rugi. Jangankan dapat untung, laporan keuangan saja DM tidak pernah kasih. Ini bisnis apa?

3. Bicarakan yang utuh, jangan dipotong. Bagi hasil 50:50 sudah dibicarakan di depan dan investor setuju. Betul investor setuju dengan bagi hasil ini karena DM bilang outlet 10 mesin pasti bisa kerjakan 500 pelanggan. Jangan bikin framing seakan-akan anda benar terus, ngaca sedikit kenapa.

4. DM merasa dipojokan dengan surat perjanjian? Ayo DM bicara yang benar. DM janjikan perjanjian kerja sejak Desember 2020, tapi sampai Maret 2021 tidak ada. DM apa tidak punya malu kirim draft perjanjian ke investor tapi isinya berbeda dari yang sudah dibuat bersama. Bisnis 5 juta aja ada perjanjian, ini ratusan juta kok banyak banget alasan takut bikin perjanjian.

5. Jangan anggap bodoh investor. Masak sih gara-gara monitor laptop rusak terus gaji karyawan outlet terlambat berhari-hari. Investor ini banyak yang punya bisnis digital, tapi digitalnya beneran dan berkualitas gak sedikit2 ada masalah dan problem.

6. Bersikap jantan dan gentle, jangan berlindung di balik postingan media sosial. Temui dan hadapi investor secara langsung. Pulang ke Solo biar tidak disangka kabur. Hadapi investor yang sudah habis uang ratusan juta rupiah untuk penuhi syarat buka cerdas laundry. Tidak usah bikin alasan pengetatan pemerintah jadi alasan gak bisa pulang ke Solo.

Kalau DM mau ikuti saran ini, masalah ini bisa selesai. Tapi, kalau masih ngeyel ya sudah sampai ketemu di jalur hukum. DM sudah siapkan pengacara sejak jauh-jauh hari.

Keluhan tak direspon oleh pengelola, investor Cerdas laundry komplain dan ajukan somasi. Ternyata banyak investor Cerdas Laundry kecewa dan mengajukan somasi kepada Didik Mulato, Motivator Komunitas Bisnis Digital.

 

Diutarakan oleh Ibu Rita selaku investor Cerdas Laundry, “sampai saat ini seluruh proses pembukaan outlet sedang menunggu perlengkapan dari Cerdas Laundry Pusat dan menagih janji kesiapan dari pusat untuk mengelola outlet secara profesional dan profitabel. Sebenarnya investor hanya menginginkan 1 kata, yaitu sesuainya ucapan/janji pak didik dalam memprofitkan outlet CL sejak bulan pertama, mengingat semua penjelasan-penjelasan yang bapak berikan melalui video2 penawaran baik di Youtube maupun di website CL”,

Investor tentu saja selalu membersamai persiapan Outlet Cerdas Laundrynya masing-masing, dan ada beberapa hal yang seharusnya tidak boleh terjadi ketika sebuah Outlet dinyatakan layak dan lolos survay.

Pihak Didik Mulato selaku pengelola Cerdas Laundry tidak ada kepastikan waktu yang diberikan untuk siap launching. Padahal survay dan persetujuannya sudah dilakukan pembayaran DP invoice tgl 15 februari, sampai sekarang belum ada kepastian tgl berapa kekurangan peralatan akan dikirim, padahal interior sudah siap sejak dan sejak tgl 27 februari sudah saya tanyakan ke p piter, dijawab kalau outlet sudah siap, akan dijadwalkan pengiriman. malah sekarang belum ada kepastian tanggal pengirimannya.

2. belum adanya draft mou yang dikirimkan untuk kita tanda tangani, saya jadi agen ekspedisi saja yg investanya hanya puluhan jutasebelum operasi sudah dikasih draft mou, ini yang ratusan juta bahkan hampir 1/2 M, kok begini, apa ini gak serius pak. karena program ini kan dilaunching sejak desember 2020, masak 4 buat bikin MOU gak pernah selesai.

3. saya sebagai investor minta komitmen tertulis dari pak dm selaku pengelola :
- a. gunakan payung hukum yang ada, minimal PT. apakah sudah disiapkan dalam waktu 4 sd 5 bulan ini badan usaha atau PT yang ada. Saya kok jadi ngeri kalau aspek legal tidak dijalankan dari yang paling umum/badan usaha/mou/tergabungnya ke asosiasi perlaundryan kok tidak ada perkembangan.
- b. beri mou segera yang isinya adalah tuangan tertulis dari apa yang pernah bapak sampaikan terkait cerdas laundry yang sudah ada jejak digitalnya.

Dengan kondisi seperti sekarang ini saya miris pak, ternyata fakta di lapangan :
Secara umum menunjukkan kalau ternyata cerdas laundry pusat tidak punya tim yang yang memiliki kapabilitas untuk mengoperasionalkan outlet, terbukti dengan :
1. tidak tercapainya kapasitas 250 atau 500 pelanggan dioutlet2 yang telah dibuka. sebagaiman janji bapak untuk bisa mengikuti jejak bapak ketika membuka laundry bisa 400 keluarga di hari pertama. mari kita jujur pak, tolong bapak ceritakan kondisi CL milik bapak yang di solo, seperti apa keadaan sesungguhnya. dan ceritakan kepada kami berapa % pencapaian pelanggan dari outlet yang telah dibuka saat ini.

2. pelatihan karyawan yang buruk. tanyakan dan dengarkan cerita dari kawan2 yang sudah mengalaminya. pelatihan ini ujung tombah karena dari sinilah skill diturunkan, ternyata orang2 bapak tidak displin, baik waktu atau prosedur, bahkan teknis2 yang diajarkan juga. makanya nanti berikan kami calon outlet trainer yang memiliki integritas dan telah tersertifikasi secara profesi.

3. operasional yang amburadul di outlet pertama. ini seolah2 tim bapak tidak paham dan juga tidak punya antisipasi. ini bisnis yang melayani pelanggan dari detik ke detik pak, jadi kalau ada problem harus langsung diselesaikan, tidak boleh menunggu dan ditunda.

Investor Cerdas Laundry ini pun kesal dan menyesal ikut franchise Cerdas Laundry karena merasa ditipu dan dirugikan. Redaksi telah membaca ulasannya yakni dengan akun Sibolis Naburju. Ini redasksi tulis ulang uneg-unegnya.

01. Mencari pelanggan itu tidak bisa dipastikan kapan mencapai kapasitas maksimal:
LUPA dengan video pak DM kalau ANDA punya 9000 Marketing yang bisa mencari pelanggan sehingga bisa penuh dalam satu bulan?
Trus ANDA bilang kalau punya DATABASE 12 juta dan bisa japri untuk promosikan CERDAS LAUNDRY...nyatanya apa?
Ngomong punya Laundry sebelumnya , pelanggan PERTAMA 1600...halusinasi ya?
Mana JAMINAN omongan ANDA?

02. Kalau memang salah ya akui salah po SUSAH ne kok ngomong e memojokkan?
Putar lagi donk video ANDA dari Launching sampe video seminar mengenai Investasi CERDAS LAUNDRY apakah sudah SESUAI?
Laporan Pendapatan dan Pengeluaran apa sudah REAL dikirim SETIAP BULAN?
UANG PELANGGAN di kemanain semua?

03. Memikirkan Cara, menemukan IDE terbaik, ngomong KONSEP haduh ngeles nya pinter.
Kalau ngomong tok, ora eneng ACTION ne podo bae NOL BESAR bosque.

04. Menyalahkan MITRA terlalu mengintervensi, sehingga karyawan bergerak juga bingung karena ada dua instruksi (dari kami dan dari mitra).
Lah wong mesin rusak eneng DIREKTUR ne kemaren diem2 bae kok, nyong yang teriak2 japri ke Mas Anto trus dianya ngomong bukan RANA saya, akhirnya saya uber2 mas BAGUS yang menang tender KONVERSI nya maksa supaya TRAINING langsung Operator Mesin.
Gaji Karyawan sering telat kenapa? Salah di MITRA apa MANAGEMENT CL? hayo jawab sambil saya MINUM KOPI.

05. Mau mengolah system yang terbaik untuk dituangkan di perjanjian?
Sampe kapan...lah wong Launching CL dari tanggal 10 Desember 2020 sampe sekarang mana? Mau ngolah system atau ngolah KEUNTUNGAN PRIBADI.
Bukannya dulu waktu di HALIM bapak mgomong e MODAL CL Rp 114.000 kalau dibuat HARGA Rp 250.000 dah UNTUNG BANGET.

Sudah deh...intinya:
LAUNDRY PENGALAMAN 15 TAHUN neng ndi bosque?
Kata ne MAU bikin member KBD HAPPY...Investor HAPPY...Pelanggan Happy.
Bikin member KAYA RAYA...Komisi SEUMUR HIDUP, Opo?
Lah wong Komisi aja gak konsisten dan bisa MINUS pulak itu.
Perbaikan Komisi nunggu 3-4 bulan lah kan pak DM sendiri yang bikin programnya kok nunggu 3-4 bulan ya...hehehe.
Nanya TEAM SUPPORT nunggunya sampe ubanan malah jawabannya kayak anak SD.
Pengembalian DANA LISENSI WARALABA CERDAS LAUNDRY juga masa nunggu 3-4 bulan...emank UANG nya dikemanain?

Salam,
AKU YANG TERSAKITI

Kegiatan Cerdas Laundry yang sudah berjalan mendapat kritikan juga dari pelaku usaha laundry lainnya, sebagai contoh mesin pengering (dryer) konversi yang dianggap tidak professional untuk ukuran franchise laundry. “Maaf ya sy sbg pengusaha laundry aja ktawa pas lihat mesin yg digunakan itu toshiba yg harganya 5 jutaan(mesin skala Rumah tangga), juga dng mesin pengeringnya yg minta maaf ya speknya ampun dah, nha smentara kl sistem bgini harus pake mesin yg skala industri. minimal dr alliance, maytag, IPSO. intinya kl mw dapetin investor yg buta tentang laundry ya gampang, pak DM mah mejam mata 1000 org dapet, tp kalo yg sudah sehari-harinya berbisnis dng laundry ya maaf-maaf ketawa aja, belum dng sistem perekrutannya, kl yg bagian delivery n antar mengantar ok, tp yg bagian dalam n mesin, maaf-maaf yah, sy aja berfikir sbelum rekrut, “ kata Pro Laundry.

Sempat pada awal-awal peluncuran Cerdas Laundry memang banyak yang beriklan di media social. Dengan jargon “laundry gratis seumur hidup”, berusaha menarik calon pelanggan untuk mengisikan database di situs mereka. Redaksi sempat pula menerima pesan Whatsapp dan sempat berdebat terkait investasi Cerdas Laundry.

Redaksi kebetulan sempat membaca dari akun seorang teman yang lupa namanya terkait hitung-hitungan investasi laundry,” Omset 250jt nett profit 142jt. Kalau coba saya hitung, Omset 250 jt/ bulan, 250.000.000/28 hari. Maka omset per hari 8.928.571. Harga jual per kg 2.977 dibulatkan 3000/kg Maka jumlah kilo per hari adalah 2.976 kg. Alat yg di gunakan mesin cuci 5 kapasitas 8 kg, Mesin pengering 5 kapasitas 7 kg. Kapasitas operasi 4 kg, maka dengan 15 jam operasi. Mencuci 30 menit jadi per jam bisa mencuci 2x jadi 8 kg x 15 jam= 120 kg/ mesin. Jadi 5 mesin 600 kg, sementara yg harus di kerjakan 2.976 kg, disini jelas NGGAK CERDAS HITUNGANX. utk bisa mengerjakan 2.976 kg di butuhkan paling tidak 27 mesin cuci,

TRUS kita hitung dryer nya ya, kapasitas yg bisa dipake 4 kg dengan lama pengringan sekitar 55 menit atau 1 jam. Jadi utk pengeringan 4 x15 = 60kg/mesin / hari, jadi dengan unit 5 mesin hanya bisa maksimal 300kg. Sementara yg perlu di kerjakan 2.976 kg, maka untuk mengerjakan 2.976 kg di butuhkan 50 mesin pengering disini tampak NGGAK CERDAS.

TRUS karyawan bagian setrika, anggap rata2 per orang mampu 70kg/ hari maka dibutuhkan 43 orang bagian setrika, tidak kurang orang bagian cuci, 4 orang bagian antar jemput, 2 orang kasir, dan 4 sales agar tercapai 500 customer, sementara menejemen hanya menyediakan 10 karyawan termasuk supervisor...sisanya yg mengerjakan JIN mungkin..DISINI TAMPAK SANGAT TIDAK CERDAS...ada yg bisa bantu hitung2x biar cerdas...

Dengan modal 100-300jt bisa BEP 3 BULAN DENGAN NET PROFIT 142JT...TAPI INI BISA TERJADI DIDUNIA MIMPI. Berikut proposal yg saya amati dan proposal ini berisi hitungan tidak benar

Pertama soal gas biayax 1.5jt utk satu bulan dengan asumsi mengerjakan cucian sekitar 900an kg/ hari

Kemudian asumsi karyawan 10 orang yg di bagi 2 shif, 1 supervisor, 2 operator, dan 2 bagian setrika, lah bagian antar jemput ya? Trus berarti bagian setrika dengan 2 shif itu jumlah 4 orang...disuruh mengerjakan 900an kg/ hari...😂😂😂. Dimana cerdas nya? Ini menunjukkan bahwa TIDAK CERDAS yg bikin hitungan, ALIAS ABAL ABAL, hanya demi mengelabui investor.

Redaksi pernah melihat outlet Cerdas Laundry di Kota Wisata Cibubur kawasan Commpark. Outlet terlihat mentereng di depannya ada mobil delivery dengan wanita tersenyum bertulisan “Laundry Gratis Seumur Hidup”. Belum sempat bertandang outlet tersebut gulung tikar dan diganti dengan laundry lain. Entah itu pemiliknya sama atau bukan.

 

Nama

agen laundry Alamat Laundry alat pelipat baju anti noda arcade games asian games 2108 babu babu modern bahasa inggris bantal berita Bisnis Laundry bisnis sepatu blog bon laundry car seat cara setrika celana panjang cerdas laundry cerita laundry cuci gratis daftar harga data pelanggan deterjen laundry dryer facebook franchise laundry gaji karyawan gambar animasi games Google grup laundry Info Laundry inspirasi internet marketing investasi bodong jaring laundry jasa cuci sofa jasa setrika jasa setrika online jasa web laundry. website laundry just for fun kartun karyawan keagenan kerjasama kisah komunitas laundry kopi malam kursus laundry laundry laundry blogger laundry expo laundry gratis laundry group laundry karpet laundry kiloan laundry koin laundry masjid laundry mukena laundry net laundry online laundry pemula laundry satuan laundry sepatu LaundryGoBlog lebaran 2015 manajemen medsos mesin cuci mesin laundry motivasi noda oli nota laundry nota online parfum laundry pelatihan laundry pelecehan peluang bisnis pemasaran pembuatan web laundry pemendek URL pencemaran pengering pakaian penipuan laundry Peralatan Laundry perawatan pesaing laundry persaingan Profil Pengusaha resep rahasia review salon kamar mandi SEO Laundry serikat pekerja setrika listrik setrika uap simbol laundry sistem informasi software laundry spanduk laundry surfaktan tips Tips Laundry toko laundry trik mencuci URL short usaha laundry website laundry
false
ltr
item
Laundry Bisnis Indonesia: Dugaan Investasi Bodong Cerdas Laundry
Dugaan Investasi Bodong Cerdas Laundry
https://1.bp.blogspot.com/-HxQrRzlonEY/YR8xQRrMNNI/AAAAAAAAOtA/euARi9XidKYsmW3dDc4iGSan4ZZINhq7ACLcBGAsYHQ/w320-h180/penipuan-cerdas-laundry.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-HxQrRzlonEY/YR8xQRrMNNI/AAAAAAAAOtA/euARi9XidKYsmW3dDc4iGSan4ZZINhq7ACLcBGAsYHQ/s72-w320-c-h180/penipuan-cerdas-laundry.jpg
Laundry Bisnis Indonesia
https://www.laundry.biz.id/2021/08/dugaan-investasi-bodong-cerdas-laundry.html
https://www.laundry.biz.id/
https://www.laundry.biz.id/
https://www.laundry.biz.id/2021/08/dugaan-investasi-bodong-cerdas-laundry.html
true
8071207005090667471
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy