IBX592D1572C2D4F

Step By Step Cara Membuat Nota Laundry

Laundry Bisnis Indonesia – Nota laundry atau yang bisa kita sebut bon laundry adalah tanda bukti pelanggan sudah mempercayakan pakaian dicucikan di tempat laundry. Ada beberapa tipe nota laundry yakni manual dan komputer. Fungsinya sama sebagai pencatat transaksi laundry.
Cara membuat nota bon laundry
Contoh Nota Laundry

Cara Membuat Nota Laundry Manual

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat nota laundry manual. Apa itu nota laundry manual? Yak betul sekali. Nota tersebut ditulis tangan dengan memakai pena, bukan cetak komputer. Bagi Anda yang masih pakai nota warungan dan berencana beralih menggunakan nota cetak, bisa ikuti langkah berikut ini. Apa saja persiapannnya?

Desain dan logo pada nota laundry

Siapkan logo laundry Anda yang terbaik. Kalau belum ada bisa ambil kombinasi huruf awal dari laundry yang bisa Anda dapatkan di mesin pencari Google.

Anda bisa desain sendiri logo dan tata letak dari nota tersebut. Bila Anda suka, gunakan aplikasi Photoshop, Coreldraw atau lainnya. Atau bila tidak bisa, gunakanlah jasa desain nota laundry melalui percetakan. Biasanya mereka mempunyai beragam contoh hasil karya yang telah mereka buat.

Tapi tidak ada salahnya membuat sendiri dengan memperhatikan contoh nota laundry yang sudah ada. Tinggal modifikasikan saja sesuai keinginan kita.

Bentuk dan ukuran nota laundry

Umumnya dalam membuat nota laundry memakai kertas ukuran A3 (420x297mm). Anda bisa menjadikan kertas ini menjadi berbagai ukuran, misalnya setengahnya, seperempat atau seperenam. Itu tergantung selera. Saya memakai seperempat ukuran dari kertas A3 tersebut. Pihak printing biasanya menyanggupi orderan dengan minimal order yakni 1 (satu) rim. Ukuran nota sekitar 16,5x10,5 cm dengan rangkap tiga. Nanti dijelaskan mengapa harus rangkap 3, bukannya cukup 1 saja.

Isi kata-kata dalam nota laundry

Apa saja sih kata-kata yang tercantum dalam nota laundry itu? Ayok kita kupas di sini. Nota laundry ada 3 bagian yakni header (bagian atas), body (bagian tengah atau samping) dan footer (bagian bawah). Header biasanya berisi nama laundry, logo, nomor telpon dan alamat usaha laundry yang kita kelola. Data pelanggan seperti nama, nomor telpon, alamat juga tanggal masuk/selesai bisa dimasukkan di bagian ini. Di beberapa tipe nota, bagian konsumen dipisah untuk bagian sidebar (samping) tergantung gaya dan model nota.

Apakah boleh mencantumkan daftar harga laundry kiloan dan satuan di nota? Boleh saja asal nota tersebut bisa memuat “item” yang diperlukan. Biasanya memakai model nota yang agak lebar atau panjang dan belum tentu muat untuk semua “item” laundry.

Itu pada bagian body juga tercantum berat dan jumlah pakaian serta harga yang musti dibayarkan oleh pelanggan. Terus bagian bawah bisa berisi ketentuan tentang serah terima laundry. Apa saja isinya? Umumnya berisi tata cara pengambilan baju, ketentuan penggantian bila terjadi kehilangan dan lain sebagainya. Pada nota yang saya buat, ketentuannya sebagi berikut:

Perhatian! Bila jumlah cucian tidak disebutkan dengan tepat, maka jumlah yang kami hitung adalah yang kami anggap benar dan pelanggan setuju.

Itu contoh tulisan poin nomor 1. Tulis ketentuan lain berdasar pengalaman agar di kemudian hari pelanggan dan pemilik usaha tidak dirugikan. Tentu saja laundry A dan B bisa berbeda ketentuan. Pada bagian footer juga terdapat bagan serah terima untuk ditandatangani pelanggan dan petugas laundry. Bila Anda mempunyai agen, bisa ditambahkan kolom keagenan. Nomorator adalah nomor nota berurut yang dikeluarkan pihak laundry. Hal ini untuk memudahkan pembukuan atau terjadi hal yang tidak kita inginkan. Oh, ya nota laundry dibuat rangkap 3 (tiga). Bagian awal yakni warna putih diserahkan ke pelanggan laundry, rangkap kedua untuk pakaian dan rangkap akhir untuk arsip.

Rangkap kedua dan ketiga bisa diberi warna yang berbeda untuk memudahkan transaksi dan pembukuan. Misal rangkap kedua adalah merah dan rangkap ketiga adalah hijau. Pelanggan menyerahkan rangkap pertama saat pengambilan dan disimpan, rangkap kedua diserahkan bersama baju laundry. Biasanya rangkap kedua ditempel di baju kemasan.

Demikianlah cara membuat nota laundry step by step. Kalu ada yang perlu ditanyakan silahkan berkomentar di kolom bawah ini.