Cuci Mukenah, Sajadah Dan Karpet Masjid Gratis, Perlukah Ditulis Besar-Besar?

Laundry Bisnis Indonesia – Mukenah dan sajadah adalah salah satu perlengkapan sholat bagi umat muslim. Biasanya setiap keluarga muslim puny...

Laundry Bisnis Indonesia – Mukenah dan sajadah adalah salah satu perlengkapan sholat bagi umat muslim. Biasanya setiap keluarga muslim punya dan setiap masjid atau musholla ada perangkat ini. Sajadah adalah alasnya sedangkan mukena biasanya untuk kaum wanita yakni sejenis kerudung dan dalam bahasa daerah lain disebut ruku(h). Perlukah mukenah dan sajadah digratiskan untuk mencuci?


Dari polling atau jejak pendapat yang telah saya buat dapat disimpulkan bahwa mayoritas pengusaha laundry menggratiskan cuci  mukena dan sajadah untuk keperluan masjid dan musholla. Sedangkan untuk pribadi tergantung, ada yang sebagian menggratiskan atau tetap bayar. Pertanyaan lanjutan adalah perlukan kita tulis besar-besar di  spanduk seperti  “cuci mukenah/sajadah GRATIS”?

Menggratiskan cuci mukena atau sajadah dan perlengkapan laundry lainnya sebenarnya hak prerogatif pengusaha laundry. Tidak ada unsur paksaan dan kewajiban bahwa mukena atau sajadah harus gratis walau itu dari masjid atau musholla baik yang dekat laundry maupun jauh. Bahkan tidak ada himbauan atau seruan untuk kegiatan tersebut. Apakah dengan menggratiskan mencuci hanya karena ikut tren semata atau ingin dipuji atau ada unsur lain?

Laundry adalah bisnis jasa yang berorientasi laba. Menggratiskan cuci mukena dan sajadah juga perbuatan mulia. “Tapi harus diingat laundry pakai modal seperti chemical, listrik, gas dan lainnya. Kalau rata-rata yang laundry agak mundur ambilnya dan kebanyakan yang datang perlengkapan sholat dari masjid/musholla karena tahu program laundry kita. Akhirnya bergilir dari masjid ke masjid atau mungkin berbarengan datang dan yang berbayar hanya 10 kg”, pikir Adhiw Syair.

Sewaktu buka laundry di area tertentu, tepatnya di Jakarta Timur, saya buat tulisan besar-besar "laundry mukena/sajadah GRATIS". Dari diskusi teman akhirnya saya menerima bahwa kata tersebut tak perlu dicantumkan. Niat memberi tak perlu disiarkan apalagi di-blow up di media sosial. Sedekah disarankan tapi cukup tangan kanan saja yang tahu.

Saya sudah menjalankan sejak awal. Tidak perlu ditulis di spanduk. Takut timbul ria (riya). Tangan kanan memberi tangan kiri tidak perlu tahu”, balas Azwar ketika diminta pendapatnya. Hal ini senada dengan pendapat yang sudah saya lontarkan. Lalu bagaimana dengan yang menawarkan gerakan cuci karpet masjid gratis yang didengungkan satu atau sebagian dari pelaku usaha laundry ini?

Jangan khawatir jika kita bersedekah cuci mukena/perlengkapan sholat/karpet Masjid secara GRATIS, karna ALLOH PASTI MENGGANTINYA..ada di AL QURAN SURAT AL BAQARAH ayat 261 yang artinya, "Perumpamaan orang yang menginfakan hartanya di jalan ALLOH seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. ALLOH melipatgandakan bagi siapa yang DIA kehendaki, dan ALLOH Maha Luas, Maha Mengetahui."

Untuk Sedekah yang diperlihatkan maupun tidak diperlihatkan, keduanya dibolehkan..ada di AL QURAN SURAT AL BAQARAH ayat 274 yang artinya "Orang-orang yang menginfakan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, maka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati."

Semoga ALLOH menjauhkan sifat riya dalam diri kita dan semoga ALLOH mampukan kita untuk bisa cuci Gratis Mukena, Perlengkapan sholat lainnya dan Karpet Masjid .Aamiin Ya Robbal Alamin
”, balas Andi Saripudin dari Komunitas Cuci Gratis Karpet Masjid.

Dari berbagai pendapat yang berhasil dirangkum menyatakan bahwa cuci baik mukena, sajadah, sarung, maupun karpet untuk keperluan sholat ternyata masih banyak silang pendapat. Ada yang setuju digratiskan saja dan ada yang didiskon saja atau malah ada yang bersikukuh tetap bayar. Semua masing-masing kembali diri sendiri yang punya usaha.

Biasanya kalau dari masjid atau musholla ada dana sendiri untuk kas pengeluaran. Masjid perusahaan tentu yang menanggung pihak perusahaan sedangkan masjid umum dari jamaah itu sendiri. Ternyata tidak semua masjid mau digratiskan dalam pencucian perlengkapan sholat. Kalau sudah begitu, kasih diskon saja. Toh kita juga harus membayar pekerja kita agar bisnis dan kegiatan yang mulia ini tetap berjalan.
Nama

agen laundry Alamat Laundry alat pelipat baju anti noda arcade games asian games 2108 babu babu modern bahasa inggris bantal berita Bisnis Laundry bisnis sepatu blog bon laundry car seat cara setrika celana panjang cerita laundry cuci gratis daftar harga data pelanggan deterjen laundry dryer facebook gaji karyawan gambar animasi games Google grup laundry Info Laundry inspirasi internet marketing jaring laundry jasa cuci sofa jasa setrika jasa setrika online jasa web laundry. website laundry just for fun kartun karyawan keagenan kerjasama kisah komunitas laundry kopi malam kursus laundry laundry laundry blogger laundry expo laundry gratis laundry group laundry karpet laundry kiloan laundry koin laundry masjid laundry mukena laundry net laundry online laundry pemula laundry satuan laundry sepatu LaundryGoBlog lebaran 2015 manajemen medsos mesin cuci mesin laundry motivasi noda oli nota laundry nota online parfum laundry pelatihan laundry pelecehan peluang bisnis pemasaran pembuatan web laundry pemendek URL pencemaran pengering pakaian Peralatan Laundry perawatan pesaing laundry persaingan Profil Pengusaha resep rahasia review salon kamar mandi SEO Laundry serikat pekerja setrika listrik setrika uap simbol laundry sistem informasi software laundry spanduk laundry surfaktan tips Tips Laundry toko laundry trik mencuci URL short usaha laundry website laundry
false
ltr
item
Laundry Bisnis Indonesia: Cuci Mukenah, Sajadah Dan Karpet Masjid Gratis, Perlukah Ditulis Besar-Besar?
Cuci Mukenah, Sajadah Dan Karpet Masjid Gratis, Perlukah Ditulis Besar-Besar?
https://1.bp.blogspot.com/-QZsqRYoEhRQ/XaMLgXxs3FI/AAAAAAAAFdk/xoGbZ9umHpcvu3C_hahYoU_e648NfuP0QCLcBGAsYHQ/s320/lbi-laundry-gratis-mukena-sajadah.png
https://1.bp.blogspot.com/-QZsqRYoEhRQ/XaMLgXxs3FI/AAAAAAAAFdk/xoGbZ9umHpcvu3C_hahYoU_e648NfuP0QCLcBGAsYHQ/s72-c/lbi-laundry-gratis-mukena-sajadah.png
Laundry Bisnis Indonesia
https://www.laundry.biz.id/2019/10/cuci-mukenah-sajadah-perlukah-gratis.html
https://www.laundry.biz.id/
https://www.laundry.biz.id/
https://www.laundry.biz.id/2019/10/cuci-mukenah-sajadah-perlukah-gratis.html
true
8071207005090667471
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy