Hati-Hati Berkerjasama Dengan Sahabat Saat Buka Laundry

Sebenarnya agak ragu saya mau mempublikasikan ini tapi berhubung sudah hilang kesabaran setelah properti peralatan dan perlengkapan lau...


Sebenarnya agak ragu saya mau mempublikasikan ini tapi berhubung sudah hilang kesabaran setelah properti peralatan dan perlengkapan laundry saya dipakai dan digunakan oleh sahabat tidak dibayar atau dikembalikan. Saya benar-benar kecewa ketika saya bertandang belum lama ini (09/09/2019) tempatnya sudah kosong. Rupanya dia dan kelaurganya tidak berada di situ lagi. Lalu kemana peralatan dan perlengkapan laundry saya?


Saya sudah berpikir yang tidak-tidak. Ternyata dia mengontrak di situ. Habislah properti saya yang meliputi mesin cuci dua buah yang masing-masing front loading dan top loading merk ternama, boiler setrika uap kapasitas 25 liter beserta 3 tabung gas melon, meja setrika otomatis, mesin pengering (dryer) konversi , rak, meja dan tetek-bengek lainnya seperti ranjang, ATK, dll. Pokoknya lengkap. Karena ini sudah siap saja, tinggal menjalankan. Sambil mengambil napas dalam-dalam karena sebelumnya pesan Whatsapp saya tidak dibaca dan dibalas-balas. Saya datangi tetangganya untuk menanyakan keberadaanya.

Ditunjuklah jalan menuju ke kontrakan baru dia, sedikit lega juga rupanya pindahnya tidak jauh, masih satu komplek perumahan tersebut.. Didapatilah rumah kontrakan baru,ada sebuah motor dan jerigen bekas teronggook di depan pintu masuk. Setelah ucapkan salam, diterimalah saya dengan istrinya. Rupanya dia sedang menyetrika pakaian. Saya santai saja menanyakan keberadaan suaminya dan mengapa pindah tidak bilang-bilang. “Seharusnya bapak WA dulu”, katanya agak panik. Lha pesan Whatsapp saja sampai detik ini belum dibaca dan dibalas. “Pasti akan dikasih tahu pindahnya kalau mau main (ke sini)”, ujarnya menimpali.

Saya bermakasud untuk menanyakan keberadaan properti saya, mengapa dia tidak menunaikan kewajiban untuk segera membayarnya atau pulangkan saja dengan catatan dengan kondisi awal dikirim. Sewaktu awal dikirim semua dalam kondisi normal, hanya mesin meja otomatis, kipasnya bermasalah. Selang berapa bulan, ada trouble pada mesin pengering seperti terbakar komponennya dan tali putus. Ongkos kirim tanggung sendiri lah. Tapi yaitu dengan catatan kondidi dari awal normal. 

Bayangkan semenjak peralatan dan perlengkapan laundry saya kirim ke tempat dia untuk digunakan sebagai mana mestinya malah laundry tidak berjalan, peralatan rusak dan saya tidak mendapatkan sepeserpun. Sudah hampir setahun barang laundry ada di dia, saya lupa mencatat tanggalnya.


Ya saya baru ingat setelah menelusuri chat. Ternyata peralatan dan perlengkapan laundry saya dibawa pada tanggal 20/09/2018. Berarti sudah satu tahun barang tersebut di tempat itu. Waktu itu dia bersama anaknya membawa mobil pickup putih menuju ke saya. Malam-malam sekali mereka datang, kemudian menyusul rekan dia yang sering diminta tolong untuk antarkan pesanan dia, Nantinya laundry menempati kontrakan temannya itu  yang berada di pinggir jalan dekat pintu masuk perumahan tersebut.

Setelah barang sampai, besoknya setup. Saya juga masih keluarkan dana di luar perlengkapan dan peralatan laundry untuk setup outlet laundry. Parfum dan deterjen sudah tersedia, pokoknya tinggal jalan.  Saya buatkan website, desain spanduk.Dan awal-awal saya yang masih jaga sebelum ada karyawan.

Sebenarnya saya tidak mau melakukan hal sebodoh ini. Tapi karena saya waktu itu pikiran sedang “blank”. Saya baru saja pindah ke lokasi baru, tapi tidak bisa buka laundry karena adanya di dalam perumahan. Kondisi rumah yang belum siap untuk usaha laundry, di sisi lain persaingan laundry dengan harga rendah. Ada yang masih harga 5 ribu untuk sebuah laundry kiloan. Sebenarnya tidak takut untuk bersaing.

Saya mau mencoba bergelut di usaha baru .Ini sebenarnya masih berhubungan dengan dunia laundry, yakni chemical. Sebenarnya di tempat lama juga menjual chemical seperti sabun deterjen, parfum laundry, softener dan pelicin setrika serta perlengkapan laundry lainnya. Masih kecil-kecilan lah karena modal juga tidak banyak.

Sebenarnya saya ke tempat teman  itu atas undangan dia. Saya masih ingat agar saya datang untuk promosikan usaha dia. Dia kan main di chemical laundry, tidak salahnya saya coba pasarkan. Hitung-hitung saya mendapat formula (resep kimia). Tapi ekspetasi saya di luar perkiraan. Hal ini terbukti ketika dia telah mengusir saya agar menjauh karena akan membuat sesuatu. Waduh, berarti keberadaan saya telah mengganggu dan takut resep kimianya ditiru/dicuri. 

Saya berusaha menjual chemical yang tersisa di rumah. Produk tersebut didapat dari biasalah sales yang datang. Eh ternyata dia juga tinggal pada perumahan yang sama, Cuma beda blok sih. Dari situ saya merasa “dijahili”. Saya tidak bisa menjual produk dia ke laundry-laundry sekitaran Cibubur, Cileungsi, Cimanggis atau sekenanya saya jalan.

Ternyata dia jual ke saya dengan harga tinggi. Tentu tidak bisa dijual lagi. Sebagai misal, sales tersebut menjual deterjen laundry ke saya 45 ribu (masih ada catatannya lho), tentu saya jual 50 ribu atau lebih dong. Banyak dari mereka menolak dengan alasan kemahalan. Lha bagaimana tidak mahal, mereka laundry kiloan dapat bisa harga 35 ribu. Jreng jreng!

Dari situ saya bertekad agar bagaimana bisa membuat deterjen laundry sendiri. Alhamdulillah akhirnya dapat ilmu. Sekarang bahkan bisa berkreasi membuat parfum laundry, softener, pelicin setrika, shampoo mobil dan karpet, alkalit, sabun herbal bahkan mengeluarkan produk yang tidak ada di pasaran seperti magic cream untuk penghilang noda darah yang menahun, minyak, dekil dan kotoran yang bandel. Ada pula clean blaster yang sebentar lagi launching.

Saya akui ini sebenarnya lemah hukum untu menuntut pertanggungjawaban dari sahabat karena memang tidak ada akta jual beli. Setidaknya saya menetuk hati dia untuk bertindak profesional dan bertanggung jawab apa yang telah dia perbuat.

Dua hari kemudian setelah tulisan ini diterbitkan, datanglah dia dengan mata mau loncat. Dia tanya-tanya tentang legalitas usaha saya. Lho kok lucu? Dia juga mempermasalahkan kenapa dia disebut penipu sedangkan barang perlengkapan dan peralatan laundry katanya masih utuh. Dan berjanji mau urus ini semua dan memohon postingan dihapus.

Besoknya saya hapus postingan dan unggahan video terkait nama dia. Saya beritahu saat itu juga. Secara mengejutkan dia menulis di pesan whatsapp bahwa di telah melaporkan polisi terkait pencemaran nama baik. Dia juga mempermasalahkan produk saya yang tidak berijin dan malah masih promo.

Saya abaikan pesan masuk dan telpon dari dia. Pada akhirnya dia datang dan membawa barang saya yang dia gunakan selama setahun ini. Sangat mengecewakan, properti saat saya serahkan dalam keadaan baik, rata-rata rusak. Mesin cuci tidak bisa membuang, dryer alias mesin pengering terbakar dan talinya putus, kipas angin rusak, belum lagi barang yang tidak kembali seperti parfum, deterjen, ATK (alat tulis kantor) meliputi kalkulator, pena, tempat lakban,

Timbangan juga tidak tahu juntrungannya. Berapa kerugian saya selama setahun ini, barang kembali dalam keadaan rusak dan saya tidak menadapatkan uang sepeserpun. Boro-boro kompensasi akibat penggunaan dan dia malah meneruskan buka laundry dan masih berjalan saat ini. Kalau omzet satu bulan berkisar 10 sampai dengan 15 juta, berapa selama setahun? Halo kawan, Anda menuntut akibat postingan saya selama dua hari sebesar 10 juta? Sungguh tidak sebanding!

Saya juga tidak boleh memberitakan tentang kejelekan produk dan laundry dia. Apakah saya menjelekkan produk chemical laundry kepunyaan dia? Saya hanya memberi caption pemilik dari usaha tersebut, tidak ada menjelekkan sama sekali. Saya akan tetap menulis dan mengkritisi baik itu teman atau lawan. Yang merasa tersindir dan sakit hati berarti merasa telah berbuat salah.

Nama

agen laundry Alamat Laundry alat pelipat baju anti noda arcade games asian games 2108 babu babu modern bahasa inggris bantal berita Bisnis Laundry bisnis sepatu blog bon laundry car seat cara setrika celana panjang cerita laundry cuci gratis daftar harga data pelanggan deterjen laundry dryer facebook gaji karyawan gambar animasi games Google grup laundry Info Laundry inspirasi internet marketing jaring laundry jasa cuci sofa jasa setrika jasa setrika online jasa web laundry. website laundry just for fun kartun karyawan keagenan kerjasama kisah komunitas laundry kopi malam kursus laundry laundry laundry blogger laundry expo laundry gratis laundry group laundry karpet laundry kiloan laundry koin laundry masjid laundry mukena laundry net laundry online laundry pemula laundry satuan laundry sepatu LaundryGoBlog lebaran 2015 manajemen medsos mesin cuci mesin laundry motivasi noda oli nota laundry nota online parfum laundry pelatihan laundry pelecehan peluang bisnis pemasaran pembuatan web laundry pemendek URL pencemaran pengering pakaian Peralatan Laundry perawatan pesaing laundry persaingan Profil Pengusaha resep rahasia review salon kamar mandi SEO Laundry serikat pekerja setrika listrik setrika uap simbol laundry sistem informasi software laundry spanduk laundry surfaktan tips Tips Laundry toko laundry trik mencuci URL short usaha laundry website laundry
false
ltr
item
Laundry Bisnis Indonesia: Hati-Hati Berkerjasama Dengan Sahabat Saat Buka Laundry
Hati-Hati Berkerjasama Dengan Sahabat Saat Buka Laundry
https://1.bp.blogspot.com/-s-yAzA3IdhQ/XYG24cFMlNI/AAAAAAAAFcY/okBEMCdVQg0E-1jsSbMbLn0Q-Yg6X1sggCLcBGAsYHQ/s320/lbi-kerjasama-laundry.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-s-yAzA3IdhQ/XYG24cFMlNI/AAAAAAAAFcY/okBEMCdVQg0E-1jsSbMbLn0Q-Yg6X1sggCLcBGAsYHQ/s72-c/lbi-kerjasama-laundry.jpg
Laundry Bisnis Indonesia
https://www.laundry.biz.id/2019/09/hati-hati-berkerjasama-dengan-sahabat.html
https://www.laundry.biz.id/
https://www.laundry.biz.id/
https://www.laundry.biz.id/2019/09/hati-hati-berkerjasama-dengan-sahabat.html
true
8071207005090667471
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy