IBX592D1572C2D4F

Peluang Usaha Jasa Setrika Online Masih Moncer

Laundry Bisnis Indonesia – Tahukah Anda peluang bisnis jasa setrika masih moncer di saat budaya malas menjangkiti masyarakat kala ini? Tidak percaya? Coba baca ulasan singkat artikel ini. Siapa tahu setelah membacanya, beragam ide bisnis akan berkembang. Mungkin setiap rumah tangga memiliki mesin cuci sendiri.


Kegiatan mencuci pun begitu mudah karena semua dikerjakan otomatis mulai dari perendaman, pencucian, pembilasan dan pemerasan (pengeringan). Nah giliran urusan menyetrika, mereka lebih memilih asisten rumah tangga atau cari tukang gosok komplek (bila tinggal di perumahan) atau menaruhnya di laundry.

Jasa Setrika Keliling Online

Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk berkeliling dari komplek atau perumahan dan “berteriak” menawarkan jasa setrika. Teriakan mungkin bisa diganti dengan alat pengeras suara yang sudah direkam sebelumnya.

Jasa setrika keliling ternyata tidak melulu keliling. Dengan metode internet marketing, Anda hanya perlu promosikan melalui website, media sosial dan perangkat digital lainnya. Terjangkitnya budaya malas bergerak (kalau orang kekinian menyebut “mager”) menjadi taktik untuk menggaet pelanggan. Apa saja persiapannya?

Peralatan Jasa Setrika Laundry

Untuk memulai peluang bisnis jasa setrika ini yang diperlukan tentulah peralatan setrika. Pakailah setrika uap mini (ukuran 5 liter) bila ingin berkeliling dengan motor. Tapi bila tidak mau repot dan pelanggan mempercayakan pakaian untuk menyetrikanya di rumah, Anda bisa memiliki setrika uap dengan kapasitas besar (25 liter).

Kenapa harus pakai setrika uap? Ini mungkin pertanyaan yang ingin Anda ajukan. Dibandingkan memakai setrika listrik, setrika uap memiliki keunggulan dari segi kualitas hasil setrikaan yakni lebih rapi dan licin. Kemudaian lebih cepat pengerjaannya, apalagi bila sudah terampil mengguanakannya tentu saja menjadi irit pemakaian bahan bakar gas.

Oh, ya. Setrika uap boiler ini memakai tenaga gas elpiji. Pakai saja yang ukuran isi 3 kilo (untuk kalangan masyarakat miskin, tertera pada kemasan). Terus, apa saja yang diperlukan dalam jasa setrika ini? Tenang, saya kan jabarkan satu per satu agar tuntas dan segera mengambil peluang jasa setrika ini.

Parfum laundry dalam jasa setrika

Pastikan Anda juga harus punya meja setrika. Bila tidak punya vacuum table, Anda bisa membuat sendiri dengan besi yang diberi busa (ulasan cara membuat meja setrika silahkan baca di sini). Setelah baju pelanggan ditumpuk rapi, Anda bisa menyemprotnya dengan parfum laundry berkualitas. Pakai saja Ultra Parfum Laundry yang wanginya tahan lama dan terdapat banyak varian.

Apa lagi setelah ini? Kalau Anda buka jasa laundry juga, langkah selanjutnya sama pengerjaanya dengan laundry kiloan pada umumnya yakni packing pakaian. Saat packing, perhatikan kelembaban pakain. Pastikan pakaian sudah dingin benar dan siap diamsukkan ke dalam plastic packing. Kecuali bila Anda berkeliling komplek menggunakan motor, cukup bawa ranjang saja dan hasil setrikaan langsung diserahkan ke pelanggan.

Bila pengerjaanya di rumah, maka Anda memerlukan plastik dengan berbagai ukuran mulai dari 30, 35, 40, 45, 50 dan paling besar 60. Sediakan pula plastik kresek untuk membawa hasil setrikaan ke pelanggan. Sudah cukup kah? Ternyata masih ada yakni bon atau nota laundry yang bersisi keterangan nama, nomor telepon dan alamat pelanggan, jumlah pakaian dan keterangan lainnya. Ada lagi?

Selain alat tulis, jangan lupa bawa timbangan digital portable yang bisa muat di saku. Timbangan ini sangat praktis karena berukuran mini dan sangat awet. Timbangan ini diperlukan pada saat kita mendatangi ke rumah pelanggan agar mereka tahu berapa yang harus dibayar untuk jasa setrika ini.

Keuntungan bisnis jasa setrika

Peluang bisnis jasa setrika ini sangat besar apalagi tinggal di kota yang notabenenya masyarakat disibukkan oleh pekerjaan. Di daerah yang saya tinggal yakni di Cileungsi tepatnya di perumahan yang tidak begitu elit, jasa laundry setrika begitu menjamur bak musim hujan. Hal ini terkuak karena mereka memesan parfum laundry ke saya .

Bahkan di mulut gang dan sudut rumah masih ada yang menggeluti bisnis ini. Tanpa spanduk, tumpukan setrikaan menggunung. Apa kata mereka tentang usaha ini? Bu Akbar yang tinggal di blok Y, “Saya membuka jasa setrika untuk pelanggan yang pemalas”. Lai lagi dengan ibu Reza yang punya binis jasa setrika di blok berbeda. “Nggak ribet nyuci sama jemurin”.

Dan masih banyak cerita emak hebat yang menggeluti bisnis jasa setrika ini demi membantu suami dan mensejahterakan lingkungan. Anda tertarik bisnis jasa setrika? Silahkan WA 085773009666. Kami menyediakan paket perlengkapan jasa setrika dan peralatan laundry lainnya.