IBX592D1572C2D4F

Bagaimana Mulai Merekrut Calon Karyawan Laundry

Laundry Bisnis Indonesia – Cita-cita Anda sebagai pengusaha laundry tentu saja laundry-nya semakin besar dan berkembang. Usaha maju dan omzet melimpah. Tentu saja Anda dibantu oleh karyawan sebagai mitra perusahaan. Bagaimana mulai merekrut calon karyawan laundry?


Mungkin banyak di antara mereka mulai usaha laundry dengan dikerjakan sendiri tanpa karyawan. Seiring waktu tentu saja membutuhkan teman untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Banyak di antaranya merekrut sanak family sebagai pekerjanya. Bagaimana kalau kita rekrut dari kalangan umum?

Tidak salahnya kita rekrut calon karyawan dari professional yang memang bisa diandalkan untuk membantu kelangsungan usaha laundry. Tentu saja ada beberapa lini pekerjaan yang musti ditempati mulai dari kasir, bagian produksi, kurir bahkan marketing.

Mulai pasang iklan untuk rekrut karyawan

Iklan berisi pengumuman bahwa laundry membutuhkan karyawan atau karyawati (untuk perempuan) untuk mengisi bagian lowongan yang kita butuhkan seperti posisi disebutkan di atas. Lwongan bisa berupa lembaran kertas, spanduk atau media lain seperti koran atau radio bahkan melalui internet.

Sebutkan lowongan bagian apa yang dibutuhkan, persyaratan yang dibutuhkan, mungkin pembatasan umur, gender (jenis kelamin), atau pendidikan dan juga persyaratan khusus lainnya misalnya keahlian menyetir atau mengoperasikan computer.

Tulis nomor kontak yang bisa dihubungi seperti email atau telpon contact person. Apakah pelamar datang langsung atau via pos dan kirim email juga dijelaskan secara gamblang.

Wawancara dan surat lamaran

Perusahaan yang mempunyai admisnistrasi teratur maka pelamar diwajibkan membuat surat lamaran yang berisi bio data calon karyawan mulai dari umur, pendidikan, jenis kelamin, asal tinggal dan informasi kependudukan lainnya.

Lakukan wawancara untuk mengenal lebih jauh calon karyawan tersebut. Pada saat tatap muka maka akan terlihat bagaimana gesture gerak tubuh dari sang pelamar. Bukan hanya fisik, kita juga kan melihat karakter yang ditujukan oleh pelamar tadi.

Job description pekerja laundry

Job description adalah pokok pekerjaan yang harus dilakukan oleh sang pekerja yang sudah kita terima. Masing-masing lini tentu saja berbeda tugas dan kewajibannya. Kasir mungkin bisa merangkap administrasi dan sekaligus penerima telpon dan pelanggan datang. Bagian produksi seperti mencuci, menyetrika juga mempunyai tugas sendiri. Kurir bisa saja merangkap marketing. Pemisahan atau penggabungan pekerjaan bisa saja terjadi demi efisiensi pekerjaan.

Penggajian pekerja laundry

Pada level usaha laundry yang masih rendah, banyak pengusaha laundry mempekerjakan mereka dengan gaji minim. Ada yang dihitung berdasarkan target perkilogram hasil dari pendapatan laundry saat masuk. Ada pula yang harian atau bulanan. Tidak banyak yang menerapkan standar gaji upah minimum kota/propinsi dengan alasan usaha yang masih kecil dan pendapatan tidak pasti.

Tunjangan, bonus dan komisi karyawan laundry

Minimnya gaji biasanya disiasati dengan memberikan tunjangan, bonus atau komisi. Masing-masing departemen berbeda perhitungannya. Biasanya dihitung berdasarkan omzet laundry harian yakni berapa kilogram yang masuk pada hari tersebut.

Mereka bersemangat untuk mendapatkan penghasilan lebih dengan mengerjakan pekerjaan lebih banyak lagi dan berani lembur. Bagaimana dengan hak karyawan laundry Anda?