Bagaimana Membentuk Keagenan, Anda Tak Perlu Buka Laundry Di Pinggir Jalan.

Laundry Bisnis Indonesia – Membentuk keagenan laundry adalah salah satu cara meningkatkan omzet. Semakin banyak agen maka semakin banyak uang yang mengalir ke kas laundry. Bagaimana cara membentuk keagenan laundry ini?
Contoh Agen Laundry


Coba dibayangkan bila Anda mempunyai agen 10 (sepuluh) saja dan setiap agen per hari menyetor pakaian kotor 10 kilogram. Hitung saja! Anda tak perlu buka laundry di pinggir jalan. Cukup dikerjakan di rumah dan tugas Anda menjemput pakaian kotor dari agen dan mengembalikannya dengan keadaan bersih keagenan tersebut.

Ternyata usaha laundry sangat menggiurkan bahkan tanpa modal sekalipun. Dengan menjadi agen salah satunya. Pasang spanduk, ada timbangan dan nota jadilah usaha laundry. Tugas agen tinggal mencari pelanggan. Agen mendapatkan komisi hasil penjualan setelah dikalkulasi dalam periode tertentu.

Mulai Mencari Agen Laundry

Anda perlu menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan untuk agen seperti yang telah disebutkan di atas. Anda bisa memberikannya secara gratis untuk dipergunakan pihak agen seperti timbangan, brosur, nota atau spanduk. Alat peraga harus dipasang pada agen.

Agen yang disasar biasanya warung kecil, toko pulsa dan sekiranya yang pantas. Jangan tawarkan ke warung makan karena tidak sinkron dan ruangan mereka biasanya bau masakan yang menyengat yang tentunya akan menurunkan kualitas dan “image” laundry.

Persyaratan Keagenan Laundry

Anda bisa merumuskan persayaratan keagenan laundry sebelum menjadi agen Anda. Misalnya tempatnya cocok atau tidak sebagai layak agen. Tempat strategis mungkin menjadi tolok ukurnya.

Sebelum menjadi mitra agen, sebaiknya survey lokasi untuk mendapatkan gambaran layak tidaknya menjadi partner. Bagaimana lingkungannya atau bagaimana perangkai dari orang tersebut.

Komisi Agen Laundry

Setelah berjalan dan menghasilkan uang, tentu saja agen mendapat imbalan yang variasinya berbeda tergantung kesepakatan. Biasanya berkisar 25 sampai 30 persen untuk cuci kiloan. Mungkin jasa laundry satuan seperti karpet, jas, baju pengantin bisa berbeda perhitungannya.

Komisi dibayarkan per periode tergantung kesepakatan awal misalnya dua minggu sekali atau bulanan. Biasanya ditagih dan dipotong langsung oleh pihak laundry. Usahakan pembukuan jelas dan transparan untuk menghindari kekeliruan di kemudian hari.

Kesepakatan Keagenan Laundry

Kesepakatan bisa meliputi cara pembayaran, barang dikirim, ganti rugi dan sebaginya. Sebaiknya dibuatkan akta tertulis agar tidak menimbulkan wak sangka di kemudian hari.

Pakai kertas diketik rapi saja dan diserahkan pihak agen untuk kesepakatan bersama. Bila agen menyetujui, kemitraan bisa dilanjutkan. Intinya tidak ada yang dirugikan demi kemajuan laundry maka kesepakatan dibuat.

Untung Ruginya Keagenan Laundry

Dengan adanya keagenan laundry tentu saja menguntungkan pengusaha laundry. Tak perlu mencari pelanggan dan tak perlu buka toko laundry sudah bisa usaha laundry.

Tentu saja pihak agen berusaha bagaimana mendapatkan pelanggan yang banyak atau bagaimana agar orang menaruh pakaiannya di pihak agen tersebut. Semakin banyak orang memakai jasanya maka semakin banyak pula komisinya. Terus ruginya apa? Ternyata pengusaha laundry tidak mempunyai data pelanggan.

Yang dia tahu mencuci, menyetrika dan mengantarkan ke agen. Itu saja yang dilakukan setiap hari. Mulailah agen yang ramai kasak-kusuk. Bagaimana kalau buka laundry saja? Sudah punya pelanggan kok. Tinggal beli mesin cuci dan jadilah mereka “mengkhianati” Anda.

Kalau sudah begitu, Anda berusaha mencari agen lagi dan “mendidik” menjadi pengusaha baru. Tenang saja, Anda tidak sendiri. Setidaknya usaha laundry Anda menjadi berkah bagi mereka. Tapi bagi yang menginginkan usaha laundry

Tapi bagi yang menginginkan usaha laundry di-online-kan yang tak perlu capek cari pelanggan, Anda perlu ikutan kursus internet marketing laundry. Caranya bagaimana? Bisa WA 085773009666