Begini Cara Buka Usaha Laundry Modal Rp 800 Ribu

Laundry Bisnis Indonesia – Saya sangat beruntung bisa bertandang ke Laundry Ciangsana Bogor di mana tempat Bapak Lutfi kelola yang tak jauh...

Laundry Bisnis Indonesia – Saya sangat beruntung bisa bertandang ke Laundry Ciangsana Bogor di mana tempat Bapak Lutfi kelola yang tak jauh dari kawasan Kota Wisata Cibubur. Sekilas bukan tempat laundry karena tidak ada papan penunjuk arah bahkan sekedar spanduk atau umbul-umbul. Siapa nyana laundry dengan modal awal ini hanya 800 ribu rupiah. Bagaimana bisa?

Cara Buka Usaha Laundry

Sebenarnya saya sudah berulangkali lewat jalan tersebut ketika mengantar deterjen dan parfum laundry di Jatisampurna dekat perbatasan Bogor dan Bekasi. Clingak-clinguk lihat Google Maps menanadakan laundry tak jauh. Setelah dipersilahkan masuk, terlihat saya begitu banyak baju kotor menumpuk di sudut ruangan. Ada bedcover, gorden dan baju-baju yang menunggu giliran untuk segera ditangani.

Saya patut bersyukur usaha laundry berkembang dengan pesat setelah melihat peralatan tempur yang ada. Terlihat hamparan kain yang tergantung dan kipas angin basar menyala. Awalnya Cuma terima setrikaan saja dan kini tumpukan kain kotor menjadi seperti emas.

“Modal awal saya adalah mesin cuci bekas seharga Rp 800 ribu”, pungkas Pak Lutfi mulai menceritakan kisah bagaimana membangun usaha laundry. Melihat beberapa bilah papan besi yang terpatri di tembok dan beberap kipas untuk mengeringkan baju mengingatkan apa yang penulis alami saat pertama kali membuka usaha laundry. Bahkan tidur pun dibayang-bayangi oleh tumpukan baju tergantung di atas kepala.

Banyak kisah beberapa pengusaha laundry yang bermodal awal minim dan nekad yang akhirnya berhasil membangun bisnisnya. Tapi banyak di antaranya tidak terekspos dan enggan menampakkan diri. Dan sepertinya orang lain tidak mengerti bagaimana dia membangun bisnisnya dengan susah payah.

Modal nekad membuka usaha laundry bisa dialami oleh seseorang dan bisa “lolos lubang jarum” menghadapi permasalah dan tetek bengek laundry asal mau belajar dan bekerja keras. Pantang menyerah dan tetap semangat untuk memajukan usaha laundry. Lalu persayaratan apa saja bila nekad buka laundry dengan modal minim?

Nekad Buka Laundry Saja Tidak Cukup

Akhir-akhir ini banyak pengusaha laundry dadakan yang muncul. Mereka mencoba peruntungan dari bisnis kucek-kucek ini. Mungkin karena tergiur melihat kemajuan usaha laundry di sekitar dan coba-coba buka usaha laundry.

Dia berpikir cuma perlu mesin cuci dan setrikaan saja. Bayar karyawan untuk mengerjakan semua, beres. Semudah itukah dalam bisnis laundry? Dalam linimasa sebuah grup di media sosial begitu banyak pertanyaan yang membuat saya bingung. Mereka tidak tahu “basic” laundry tapi sudah buka laundry dan tidak tahu tahu bagaimana cara operasionalnya, manajemen apalagi menyoal marketing.

Mereka yang ikut-ikutan buka laundry biasanya mempunyai modal besar untuk bayar sewa tempat, beli peralatan dan perlengkapan. Sebaiknya belajar dulu soal laundry agar tidak bingung dalam menjalankan usaha. Mengikuti pelatihan laundry mungkin menjadi solusi. Walaupun begitu, maju berkembangnya laundry tetap di tangan Anda.

Tidak Punya Outlet Masih Bisa Buka Laundry

Hebatnya Pak Lutfi, dia tidak punya outlet, gerai atau toko laundry tapi omzetnya merangkak naik .Dan itu semua dikerjakan di rumah. Kok bisa?

Sempat stress dan kewalahan pada musim hujan ini ,makanya dia butuh dryer (mesin pengering) dan Alhamdulillah cita-cita memiliki dryer terlaksana. Sekarang tidak khawatir lagi menghadapi musim hujan dan permintaan ekspres yang dikerjakan cepat.

Diceritakan, pernah menerima cucian pakaian beberapa helai dan itu baju seragam kedinasan. Diterima jam 1 dinihari dan jam empat subuh sudah diantar ke pelanggan. “Saya tidak tidur demi pelanggan”, seru Pak Lutfi sambil mengenang ketika belum ada mesin pemanas pakaian.

Lalu bagaimana dia bisa memperoleh banyak pelanggan dan mampu mengelola dan membangun bisnis dengan cepat. Jawabnya mengejutkan. “Saya dulu karyawan laundry”, tutupnya tersenyum.
Nama

agen laundry Alamat Laundry alat pelipat baju anti noda arcade games asian games 2108 babu babu modern bahasa inggris bantal berita Bisnis Laundry bisnis sepatu blog bon laundry car seat cara setrika celana panjang cerdas laundry cerita laundry cuci gratis daftar harga data pelanggan deterjen laundry dryer facebook franchise laundry gaji karyawan gambar animasi games Google grup laundry Info Laundry inspirasi internet marketing investasi bodong jaring laundry jasa cuci sofa jasa setrika jasa setrika online jasa web laundry. website laundry just for fun kartun karyawan keagenan kerjasama kisah komunitas laundry kopi malam kursus laundry laundry laundry blogger laundry expo laundry gratis laundry group laundry karpet laundry kemayoran laundry kiloan laundry koin laundry masjid laundry mukena laundry net laundry online laundry pemula laundry satuan laundry sepatu laundry sunter LaundryGoBlog lebaran 2015 manajemen medsos mesin cuci mesin laundry mesin pengering motivasi noda oli nota laundry nota online parfum laundry pelatihan laundry pelecehan peluang bisnis pemasaran pembuatan web laundry pencemaran pengering pakaian penipuan laundry Peralatan Laundry perawatan pesaing laundry persaingan Profil Pengusaha resep rahasia review salon kamar mandi SEO Laundry serikat pekerja setrika listrik setrika uap simbol laundry sistem informasi software laundry spanduk laundry surfaktan tips Tips Laundry toko laundry trik mencuci usaha laundry website laundry
false
ltr
item
Laundry Bisnis Indonesia: Begini Cara Buka Usaha Laundry Modal Rp 800 Ribu
Begini Cara Buka Usaha Laundry Modal Rp 800 Ribu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKezCEyfvUYezwh-kaSMTui-EniqHbXEjTGc5hNLGO_og1_VRaASIKFocxoZf31MUO7fLxZ3yU7taLDTrneq157h7jj8r1CsX53qsAjQ4sZ11ZcgSIfDmfGeafzHScdGTbcR6tj6HmvKY/s320/lbi-mulai-buka-usaha-laundry%255B1%255D.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKezCEyfvUYezwh-kaSMTui-EniqHbXEjTGc5hNLGO_og1_VRaASIKFocxoZf31MUO7fLxZ3yU7taLDTrneq157h7jj8r1CsX53qsAjQ4sZ11ZcgSIfDmfGeafzHScdGTbcR6tj6HmvKY/s72-c/lbi-mulai-buka-usaha-laundry%255B1%255D.jpg
Laundry Bisnis Indonesia
https://www.laundry.biz.id/2019/01/cara-buka-usaha-laundry.html
https://www.laundry.biz.id/
https://www.laundry.biz.id/
https://www.laundry.biz.id/2019/01/cara-buka-usaha-laundry.html
true
8071207005090667471
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy